Komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari dan mengembangkan bahasa
visual (semantik, sintaktik, dan pragmatik) untuk keperluan informasi
dan komunikasi. Mengolah dan menyampaikan pesan visual dari pelontar
pesan berupa informasi produk, jasa atau gagasan kepada sasaran
(publik), secara komunikatif, persuasif melalui olah tanda (semiotika),
olah cara (rhetorika), olah rasa (estetika) yang kreatif dan inovatif
(baru, asli, lancar dan luwes).
Perancangan dilakukan dengan mengeksplorasi budaya lokal, berorientasi
budaya Nusantara dan berwawasan budaya Global/Universal, untuk
kebutuhan publikasi, promosi dan pemasaran serta menggunakan media
informasi masa/individu tercetak (statis) atau media informasi
masa/individu elektronik (gerak). Sehingga pesan dapat dimengerti,
diterima dan dapat mengubah sikap sasaran. Untuk itu perlu diperhatikan
hal-hal sebagai berikut.
1. Komunikatif
Visualisasi mendukung materi ajar, agar mudah diterima oleh siswa.
- Pelajari pesan yang akan disampaiakan secara mendalam.
- Pelajari kebiasaan dan hal-hal yang diminati/disukai oleh sasaran yang berkaitan dengan hal visual (ikon, gambar dan elemen visual lain)
- Olah pesan (perbal) menjadi pesan Visual, dengan memperhatikan tanda-tanda pesan visual yang dimengerti publik, mudah, gampang dan nyaman dilihat/dibaca.
- Buatlah sederhana (simpel) dan menarik
- Perbanyak gambar yang relevan untuk setiap item bahasan pesan.
2. Kreatif
Visualisasi diharapkan disajikan secara unik dan tidak klise (sering
digunakan), agar menarik perhatian. Rancangan elemen desain grafis
(obyek, warna, huruf dan layout) dibuat secara asli (original/baru),
Penjelasan pesan disusun secara sistematik untuk kemudahan tata alir
dan alur (lancar). Kemudahan informasi didukung oleh Navigasi dengan
susunan tata letak yang luwes tanpa meninggalkan kaidah komunikasi dan
keindahan (fleksible).
3. Sederhana
Visualisasi tidak rumit supaya kejelasan isi pesan mudah diterima dan diingat.
4. Unity
Penggunaan bahasa visual yang harmonis, utuh dan senada agar materi ajar dipersepsi secara utuh (koprehensip)
5. Penggambaran Obyek dalam bentuk Image yang presentatif
Gambar dapat berupa fotografi atau gambar informasi berupa
tabel/diagram dan gambar bergerak (animasi dan film). Gambar dapat
diklasifikasi sebagai gamba latar belakang desain atau gambar obyek
yang dapat memperjelas
informasi.
6. Pemilihan warna yang sesuai
Penggunaan kunci warna atau panduan warna berdasar teori warna Munsel, untuk mendapatkan warna-warna yang selaras.
a. warna primer : merah, biru dan kuning
b. warna sekunder : hijau jingga dan ungu
7. Tipografi (font dan susunan huruf)
Untuk memvisualkan bahasa verbal agar mendukung isi pesan, baik secara
fungsi keterbacaan maupun fungsi psikologisnya. Untuk presentasi huruf
judul pada layar tayang minimal berukuran 24 point pada layar komputer
600x800 pixel. Olah huruf secara kreatif sesuai keperluan dan tidak
berlebihan.
8. Tata Letak (Lay-out)
Peletakkan dan susunan unsur-unsur visual terkendali dengan baik, agar
memperjelas hirarki unsur-unsur tersebut. Gunakan garis bantu (grid)
horizontal dan vertikal. Pahami proporsi bidang desain :
- Horizontal – kesan luas – karakter bebas
- Vertikal – kesan sempit – karakter anggun
- Diagonal – kesan dinamis – karakter muda/cepat
9. Unsur Visual Bergerak (animasi dan/ atau movie)
Animasi dapat dimanfaatkan untuk mensimulasikan materi ajar dan video untuk mengilustrasikan materi secara nyata.
10. Navigasi (ikon)
Ikon Navigasi berfungsi sebagai tanda untuk mengeksekusi arah/tujuan
yang dikehendaki, maka gunakan Ikon Navigasi yang familiar dan
konsisten agar efektif dalam penggunaannya.
a. Tujuan dalam layar yang sama
b. Tujuan antara layar.
c. Layar dirancang dalam satu sistem, hanya dengan olah elemen (contoh warna) yang membedakan jenis atau klasifikasi isi pesan
d. Pada prinsipnya jenis ikon yang perlu tampil pada umumnya bersifat kebutuhan dasar tata alir dan alur, sebagai contoh :
- entrance – exit
- back – previouse – next
- go to page
- top–down / left–right
- clik me (special obyek, move or still)
e. Ikon dirancang sederhana, berkarakter dan menarik karena fungsinya hanya pemandu saja
Terimakasih atas ilmunya min. sangat bermanfaat sekali ..
BalasHapusDan jangan lupa untuk mengunjungin website kita juga ya min :)
http://flashcomindonesia.com/private-desain-visual-di-surabaya.html
salam sukses ..