BAB 1
Pendahuluan
Pada bab ini saya akan menjelaskan pengertian dari permintaan dan penawaran beserta faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran itu sendiri. Mungkin kalian sudah mengenal apa itu permintaan dan penawaran, permintaan adalah banyaknya jumlah barang atau jasa yang diminta oleh pasar, sedangkan penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada pasar tersebut.
BAB 2
ISI
Pengertian Permintaan dan Penawaran.
1. Permintaan (Demand)
Permintan
adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada
suatu
pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan
tertentu
dan dalam periode tertentu.
Beberapa
Penentuan Permintaan
Permintaan
seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang
ditentukan
oleh faktor-faktor,diantaranya :
1.
Harga barang itu sendiri (Px)
2.
Harga barang lain ( Py)
3.
Pendapatan konsumen (Inc)
4.
Cita rasa (T)
5.
Iklim (S)
6.
Jumlah penduduk (Pop)
7.
Ramalan masa yang akan datang (F)
Hukum Permintaan (the low of demand)
Hukum
permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis
yang
menyatakan :
“Hubungan
antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut
dimana
hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau
naik
maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya
apabila
harga turun jumlah barang meningkat.
(Qd
= F.(Px, Py, Ine,T,S, Pop,F)
Daftar Permintaan
Daftar
permintaan ialah suatu tabel yang memberi gambaran dalam
angka-angka
tentang hubungan antara harga dengan jumlah yang diminta
masyarakat.
Ia menggambarkan besarnya permintaan yang ada pada
berbagai
tingkat harga.
2. Penawaran (Supply)
Penawaran
adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual
pada
suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga
tertentu.
Penentuan
– penentuan Penawaran
Keinginan
para penjual dalam menawarkan barangnya pada
berbagai
tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor. Yang tepenting
adalah
:
1.
Harga
2.
Harga barang lain
3.
Biaya faktor produksi
4.
Teknologi
5.
Tujuan perusahaan
6.
Ekspektasi (ramalan)
Secara
matematis
Qs
= F (Px, Py, Fp, T1 ...............
)
Persamaan
penawaran Qs = a + bp
Hukum Penawaran
Hukum
penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa :
“Semakin
tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang
tersebut
akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah
harga
suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang
ditawarkan.”
Daftar Penawaran
Daftar
penawaran yang gambaran yang menunjukan jumlah
penawaran
pada berbagai tingkat harga.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4. Perkiraan harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
BAB 3
PENUTUP
Kesimpulan : Pada kenyataannya di Pasar global saat ini adalah permintaan lebih banyak dari yang ditawarkan oleh pasar barang atau jasa sehingga membuat pasar menjadi kelabakan menangani permintaan yang berlebihan dari konsumen. Untuk menyikapi semuanya pasar harus bisa mencari solusi yang terbaik untuk masalah ini.
Saran : Sebaiknya kita harus memperhitungkan antara pemasukan dan pengeluaran dari pendapat kita agar tidak terjerumus oleh pasar global, karena pasar akan terus menerbitkan produk produk yang terbaru dan tidak akan ada habisnya untuk itu kita harus bisa memanage kebutuhan apa saja yang benar benar kita butuhkan bukan yang kita inginkan.
BAB 4
REFERENSI
http://matakuliah.files.wordpress.com/2007/09/te-mik-2.pdf
http://adji14.wordpress.com/2010/03/18/faktor-permintaanpenawaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar